Sabtu, 17 November 2012

Sejarah Google, Yahoo, Facebook, Youtube

            Kamu punya jejaring sosial ?? Misalnya, Twitter, Facebook, dll. Terus, kamu tahu dengan mbah Google, Si Facebook, Mr. Kaskus, dll ??  Pasti punya dan tahu kan. Nama - nama tersebut pastinya tidak asing lagi bagi kita. Tetapi, tahu pengertian dan sejarah terbentuknya ? Sebagian besar orang hanya bisa mengaplikasikannya saja, tapi .. yaa.... Eitttss jangan khawatir, di blog ini saya akan hidangkan menu - menu tersebut hehe. 

1. Google



Google merupakan perusahan Amerika Serikat yang bergerak dibidang internet.
Gogle didirikan oleh 2 orang sahabat yang bernama Lary Page dan Sergey Brin. Ketika itu Lary berumur 24 Tahun dan Sergey berumur 23 tahun.

Sergey Brin dan Lary Page

Pendirian google berawal dari perbincangan keduanya tentang mesin pencari yang ada di internet, dan keduanya sepakat menciptakan sebuah mesin pencari di internet yang lebih efektif dibandingkan yang sudah ada saat itu.
Setelah melakukan riset pada tahun 1996 mereka berhasil mendirikan mesin pencari dengan nama “backrub”. Berhasil menciptakan mesin pencari tersebut mereka berusaha untuk mencari investor untuk pengembangan backrub.
Seorang investor yang bernama Andy Bechtolsheim memberikan investasi sebesar 100.000 dolar dalam bentuk cek dengan syarat mengganti nama mesin pencari itu menjadi googol sebuah kara yang artinya bilangan satu dengan 100 angka 0 dibelakangnya, dengan tidak sengaja saat menulis cek tersebut Andy salah ketik dan menuliskan cek itu dengan nama google. Tentu saja cek tersebut tidak bisa dikeluarkan karena saat itu belum ada perusahan yang bernama google.
Mereka menganggap nama itu unik, akan tetapi mereka bingung bagaimana cara mendirikan perusahan tersebut. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk mencari investor lainya. Mereka berhasil mendapatkan investasi sebasar 1 juta dolar. Dengan dana itu mereka berhasil membuat perusahan dengan nama google dan mencairkan cek dari Andy Bechtolsheim.
Pada saat berdirinya perusahan google (mesin pencari) banyak yang melihatnya sebelah mata karena saat itu belum banyak yang menggunakan internet untuk mencari informasi. Akan tetapi dengan perkembangan dunia teknologi yang begitu cepat akhirnya google membuktikan mereka menjadi yang no 1 di dunia situs yang paling banyak dikunjungi.
Artikel di atas dikutip dari http://gustinerz.wordpress.com/2011/02/01/sejarh-google/

2. Yahoo



Yahoo didirikan oleh dua orang mahasiswa universitas Standford yang bernama Jerry Yang dan David Filo.

Jery Yang dan David Filo

Pada awalnya yahoo hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), namun setelah itu mereka berpikir untuk memasukan ke dalam web, dan mulai bekerja membuat program database untuk menanganinya agar memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 bookmark yang awalnya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti dengan Yahoo! Yang berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
Domain Yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Yang dan Filo menyadari potensi dari yahoo, akhirnya mereka mepatenkan yahoo sebagai lembaga hukum.
Seperti mesin pencari lainya, yahoo pun diverifikasi menjadi portal web. Dengan perkembangan pesat yahoo pada akhir 1990-an yahoo mengmbangkan produknya lebih luas seperti,Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web.


Artikel di atas dikutip dari http://gustinerz.wordpress.com/2011/02/01/sejarah-yahoo/

3. Youtube


Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.
Tahun 2011 ini menurut stasiun berita mnsbc mengatakan facebook sudah beranggotakan 600 juta lebih pengguna di Dunia.

4. Youtube 



YouTube adalah sebuah situsweb video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), filmTV, serta video buatan para penggunanya sendiri.[2] Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPalChad HurleySteve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.


Artikel ini dikutip dari  http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube  

Sekian dulu. Makasih udah baca :) Semoga puas dengan hidangannya =) ..









2 komentar:

  1. Leave the comment ya, thanks to visit

    BalasHapus
  2. facebook itu unik, sejarahnya menarik dan saya pribadi tertarik untuk menjadi pengguna facebook, baik untuk sekedar bersosialisasi maupun berjualan jasa like.

    BalasHapus

 
Al Hikma Blogger Template by Ipietoon Blogger Template "
"
"