Saturday, January 19, 2013

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia


Label: Makanan khas Indonesia, makanan indonesia yang go internasional, makanan indonesia yang mendunia, beberapa makanan khas indonesia yang terkenal.
Haii sahabat Blogger!! Selamat minggu pagi :) Hari ini saya akan ngepost tentang Makanan Khas Indonesia yang Mendunia.. Capcuss yukk ;)

Indonesia di anugerahi keaneka ragaman budaya, ras dan suku, dengan keaneka ragaman tersebut tentu saja Indonesia juga memiliki berbagai macam kekhasan kuliner di masing-masing wilayah,  berikut adalah daftar kuliner atau makanan Indonesia yang mendunia.

1. Rendang
    Siapa yang tidak tau makanan yang satu ini, Rendang adalah makanan khas dari sumatera barat yang terbuat dari daging yang dimasak dalam santan kental di tambah berbagai macam bumbu rempah-rempah dengan citarasa yang pedas ini sangat terkenal di dunia bahkan baru-baru ini Rendang dirilis kedalam 50 makanan terenak di dunia dan menjadi pilihan nomor satu!!

2. Soto
Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto juga pernah disiarkan secara langsung di televisi Telemadrid dalam program Buenos das Madrid.

3. Sate
 Sate atau satai termasuk makanan kegemaran presiden Amerika Serikat Barack Obama, adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu.
Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu dan nasi atau lontong yang bergantung pada variasi resep sate kita sendiri.
Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain. Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand, juga sampai ke Belanda
4. Nasi goreng
Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan khasl Indonesia. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng. Nasi goreng khas Indonesia juga sudah terkenal di dunia.

5. Gado-gado
Salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia adalah gado-gado atau dalam bahasa Inggrisnya, Indonesian Salad. Gado-gado adalah makanan yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng, disertai kerupuk sebagai pelengkap. Gado-gado dapat dimakan begitu saja dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Bahkan gado-gado pernah menjadi juara saat festival makanan internasional.

6. Tempe
Tempe adalah makanan yang berasal dari kacang kedelai, melalui proses fermentasi. Melalui berbagai penelitian ilmiah, telah terbukti bahwa tempe adalah makanan yang sangat layak dikonsumsi karena bernilai gizi tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Sebagai makanan yang berasal dari Indonesia, tempe kini telah dikenal di berbagai negara seperti di Jepang, Eropa dan Amerika. Bahkan tempa sekarang ada yang di olah menjadi steak. 

Nah mungkin sampai di sini aja ya, terimakasih sudah berkunjung :) Keep Calm and Love Indonesia!!. Thanks Sobat.

Sumber artikel: http://rayantipertiwi.blogspot.com/2012/10/makanan-indonesia-go-internasional_27.html

0 comments:

Post a Comment

 
Al Hikma Blogger Template by Ipietoon Blogger Template "
"
"