Friday, January 11, 2013

Mitos Seputar Angka 13

MENGENAI ANGKA 13

Label: 13, Angka 13, Seputar angka 13, Angka sial, Mengenai 13, Mengapa angka 13 menjadi angka sial ?, mitos angka 13, ada apa dengan 13 ? 

SALAM!! Sobat - sobat blogger sekalian sekarang aku mau cerita, membahas dan share ke kalian mengenai angka 13. Mau tahu ? yuk lanjutt...

Kita tahu Friday The 13th adalah sebuah film horror namun ternyata kombinasi antara angka (dianggap) sial 13 dan Jumat sudah ada sejak lama, berikut kisahnya.

Angka 13 telah dianggap sial selama berabad-abad. Beberapa sejarawan mematok takhayul kepada 13 orang yang menghadiri Perjamuan Terakhir, tapi Babel kuno Code of Hammurabi menghilangkan angka 13 dalam daftar hukum, sehingga asal mula takhayul ini mungkin bermula setidaknya 1700 SM. Pada tahun 1881 sebuah organisasi bernama Club Tiga belas berusaha untuk meningkatkan reputasi nomor itu. Pada pertemuan pertama, anggota (semua 13 dari mereka) berjalan di bawah tangga untuk memasuki sebuah ruangan tertutup dengan garam tumpah. Lihat : Misteri Pasar Setan di Puncak Gunung Merbabu

Klub ini berlangsung selama bertahun-tahun dan berkembang menjadi lebih dari 400 anggota, termasuk lima Presiden AS: Chester Arthur, Grover Cleveland, Benjamin Harrison, William McKinley dan Theodore Roosevelt. Meskipun klub itu sudah berusaha menghilangkan takhayul, Namun Triskaidekaphobia (takut pada angka 13) berkembang, bahkan saat ini, sebagian besar gedung-gedung tinggi tidak memiliki lantai 13. 


Asosiasi 13 dengan hari Jumat,sebenarnya baru dimulai awal abad ke-20. Pada tahun 1907, pialang saham eksentrik asal Boston Thomas Lawson menerbitkan buku yang disebut Jumat Ketigabelas (Friday The Thirteenth), yang menceritakan tentang upaya pengusaha jahat untuk menjatuhkan pasar saham pada tanggal 13 Jumat tersebut. Berkat kampanye iklan yang luas, buku terjual dengan baik: hampir 28.000 kopi dalam minggu pertama. Pada 1916 buku itu diadaptasi menjadi film bisu. 
Wall Street takhayul tentang Friday the 13th terus berlanjut sampai 1925, ketika New York Times mencatat bahwa orang "tidak akan lagi membeli atau menjual saham hari ini daripada mereka berjalan di bawah tangga atau menendang keluar kucing hitam." Beberapa pedagang saham juga menyalahkan Black Monday - 19 Oktober 1987 - pada kenyataan bahwa tiga hari Jumat jatuh pada tanggal 13 selama tahun itu. 

The Stress Management Center dan Institut Phobia memperkirakan bahwa $ 700 - $ 800 juta dolar hilang setiap hari Jumat tanggal 13 karena penolakan rakyat untuk perjalanan, pembelian barang-barang besar atau melakukan bisnis. Lalu datanglah Jason. Pada tahun 1980, Paramount Pictures merilis film Friday the 13th (dengan tagline: "Jumat tidak akan pernah sama lagi") , sebuah film tentang serangkaian pembunuhan di sebuah kamp musim panas. Rupanya Jason, lahir pada hari Jumat tanggal 13, memilih tanggal tersebut untuk membalas dendam pada orang-orang di perkemahan yang membiarkannya tenggelam di Chrystal Lake. Friday the 13th meraih pendapatan $40 juta dan melahirkan beberapa film lanjutannya seperti: Friday the 13th Part II; Friday the 13th Part III; Friday the 13th: The Final Chapter; Friday the 13th: Jason Lives; Friday the 13th: The New Blood; Friday the 13th: Jason Takes Manhattan; Jason Goes to Hell: The Final Friday; Jason X; and 2003's Freddy vs. Jason. Bagi Paramount jelas angka 13 adalah keberuntungan mereka. 


Dan Inilah mitos-mitos Jumat 13 
• Jika Anda memotong rambut Anda pada Friday the 13th, seseorang dalam keluarga Anda akan mati. • Seorang anak yang lahir pada hari Jumat 13 akan sial seumur hidup. 
• Jika prosesi pemakaman melewati Anda pada hari Jumat tanggal 13, Anda akan segera mati. 


Friday the 13th Anekdot: 
• Pada tahun 1913, seorang pendeta New York mencoba meredakan kekhawatiran pasangan 'dengan menawarkan untuk menikahi mereka secara gratis pada tanggal 13 hari Jumat. 
• Pada tahun 1939, sebuah kota kecil di Indiana memaksa semua kucing hitam untuk memakai lonceng pada Jumat 13 Oktober. Ketika tidak terjadi apa-apa, kota ini lalu melanjutkan peraturan tersebut sampai 3 tahun kemudian. 
• Pada saat 13 Oktober 1989, merupakan penurunan kedua terbesar Dow Jones dalam sejarah. Hari itu lalu dijuluki Friday-the-13th mini-crash. Bagaimana dengan anda? apakah anda percaya Jumat tanggal 13 adalah hari sial? Kalau saya justru sebaliknya, beberapa postingan bahkan saya setting otomatis muncul jam 13:13, ya walau sekarang tidak lagi alasannya bukan karena sial namun pada jam segitu saya memang pas sedang tidak online.


Fakta Unik Mengenai Angka 13 
1. Biasanya hotel dan rumah sakit tidak memiliki kamar nomor 13 
2. Banyak kota yang tidak memiliki angka 13 sebagai nama jalan 
3. Jika huruf nama anda ada 13 anda disebut memiliki Devils Luck 
4. Banyak bandara tidak memiliki Gate ke 13 
5. Banyak pesawat tidak memiliki lorong 13 
6. Italia menghapus nomor 13 dari lotere nasional mereka 
7. 80% bangunan tinggi tidak memiliki lantai 13 
8. Di jalanan Florence Italia rumah diantara nomor 12 dan 14 disebut rumah nomor 12 setengah 
9. Dalam hukuman gantung ada 13 knotmenuju jeratan dan 13 knot sebelum kematian 
10. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mungkin tahu bahwa di Perancis, sosialita disebut quatorziens (fourteeners) menyempatkan diri sebagai tamu 14 untuk menjaga pesta makan malam dari nasib sial. 11. Misi Penerbangan Apollo 13 dipenuhi kesialan 
12. Kartu Tarrot ke 
13 adalah kematian, disimbolkan oleh Grim Ripper 13. Ada yang mengatakan bahwa Kode Hammurabi Babilonia (sekitar 1780 SM) yang harus disalahkan atas mitos nomor 13 karena hukum nomor 13 dihilangkan dari Kode.

Dari beberapa mitos serta misteri angka 13 yang identik angka sial diatas tidak selamanya benar, Anda boleh percaya atau tidak, karena hidup dan mati sudah ada yang mengatur.

sumber:
http://zonaaneh.blogspot.com/2012/01/mitos-seputar-misteri-angka-13-yang.html

0 comments:

Post a Comment

 
Al Hikma Blogger Template by Ipietoon Blogger Template "
"
"